Senin, 26 April 2010

KOLAM GENETIKA RAKSASA...anda keturunan siapa?

Spencer Wells, seorang pakar genetika dan antropologi, sudah mengumpulkan sampel DNA dari masyarakat di seluruh dunia untuk menelusuri akar sejarah manusia. Inilah 7 hasil penelusuran kunci dalam jejak genetika :

1. HADZABE
Kelompok ini bermukim di sekitar kawah Ngorongoro, Tanzania Afrika. Mereka berbicara dala bahasa "klik" seperti orang San di selatan Afrika. Orang San dan Hadzabe masuk sebagai orang asli planet Bumi yang masih ada hingga kini.

2. PEMIKIR MODERN
Perubahan iklim pada Zaman Es terakhir nyaris menyapu habis manusia. Kira-kira 70.000 tahun lalu, hanya tersisa 2.000 individu. Agar dapat bertahan, manusia harus semakin cerdas dan mengembangkan penggunaan alat.

3. BELUKHA
Inilah puncak tertinggi di pegunungan Altai, Siberia. menurut legenda orang asli, perdaban akan terlahir kembali di sini setelah manusia membinasakan dirinya sendiri. Agaknya mitos ini didasari fakta. Kawasan Altai merupakan sumber ekspansi populasi manusia sekitar 35.000 tahun lalu, termasuk yang mengawali populasi Eurasia dan Amerika.

4. YAGNOB
Pernah menjadi bahsa ibu sepanjang Jalur Sutra, tetapi kini hanya digunakan oleh sekelompok kecil di Asia Tengah. Lebih dari 6.000 bahasa ibu akan menghilang dalam kurun abad ini.

5. JENGHIS KHAN
Menurut uji DNA, sekitar 8% pria di Asia Tengah dan Timur adalah keturunan pemimpin Mongolia abad ke-12 ini.

6. JERIKO
Situs lembah Jordan memberi gambaran saat manusia pertama kali memulai pola beternak 10.000 tahun lalu. Banyak ragam pola genetika berasal dari ekspansi populasi yang didorong pengembangan pertanian.

7. FINISYIAH
Uji DNA di Lebanon mengungkapkan umat Islam dan Kristen di sana bernenek moyang sama, yaitu orang Finisyiah yang bermukim di sana 5.000 tahun lalu.


Sumber : National Geographic Indonesia


EmoticonEmoticon