Minggu, 18 Maret 2012

Lenovo S10-3


Ideapad S10-3s merupakan salah satu jajaran netbook keluaran dari Lenovo. Dengan banyak pilihan desain yang sangat ‘cantik’. Tidak heran jika saat hunting kemaren di HiTechMall Surabaya kami sedikit kesulitan untuk mendapatkan IdeaPad S10-3s yang warna merah muda. Maklum rencananya netbook ini akan dipakai sama Istri saya. Saat itu kami mendapatkan harga Rp. 3.600.000,- untuk IdeaPad warna merah muda tersebut, maklumlah lebih mahal karena sedang terbatas saat itu (harga untuk warna yg lainnya Rp. 3.550.000,-). Setelah sekitar 2-3 bulan menggunakannya saya rasa layaklah untuk membuat sedikit review :) .

Dengan spesifikasi yang lumayan bagus untuk Netbook saat itu. Prosesor yang ditanamkan di ideapad ini adalah Intel Atom Dual Core N550, dilengkapi dengan memory sebesar 1GB dan Harddisk 250GB mampu untuk menyimpan ribuan lagu dalam format MP3 atau puluhan keping DVD. Dengan sound yang terpasang dengan dolby system, cukup nyaman digunakan untuk mendengarkan lagu saat browsing internet. Konektifitas default yang ada diantaranya Bluetooth dan Wifi. Untuk mendukung kemampuan konektifitasnya disediakan tempat untuk modem GSM disebelah battere. Desain yang sangat keren dengan beberapa pilihan warna dan corak. Hitam, ungu dan merah.

Penempatan berbagai port seperti USB, NIC, sound, disebelah samping berpenutup. Dengan adanya penutup ini dapat menjaga port2 tersebut tidak gampang dimasuki hewan kecil atau pun kotoran. Hanya saja hal ini sedikit mengganggu ketika memasang flashdisk atau modem eksternal karena terlalu masuk kedalam.

Ideapad S10-3s Pink Review
Tombol-tombol penting seperti tombol Power, QuickStart dan OneKeyRecovery yang berada di sebelah kiri dan kanan layar menjadikan hemat space sehingga walaupun hanya 10 inch netbook ini tetap nyaman digunakan. QuickStart ini adalah “instant-on” operating system bikinan Lenovo yang memungkinkan netbook ini berjalan tanpa menghidupkan Windows atau Linux yg terinstall. Dengan quickstart ini kita bisa mengakses web browser, e-mail, skype, Pandora, Twitter, Facebook dan masih banyak yang lainnya. Yang tak kalah hebat dari SuickStart di Lenovo adalah fungsi OneKey Recoverynya. Saat OS bawaannya (Windows 7 starter) sedang bermasalah kita tidak perlu repot-repot dan pusing untuk install ulang lewat Flashdisk dan segala macemnya. Cukup tekan OneKey Recovery ini Netbook akan dapat dengan mudah install ulang windows 7 starter edition kita. Benar-benar jalan keluar yang cerdas dari keterbatasan yang dimiliki netbook (tidak ada CD ada DVD drivenya).

Secara garis besar Lenovo Ideapad S10-3s memiliki kelebihan di desain, spesifikasi dalaman yang yahud, fungsi-fungsi yang sangat ‘cerdas’ (QuickStart dan OneKeyRecovery). Hanya sedikit kekurangan yang bisa saya rasakan antara lain TouchPadnya yang kurang sensitif. USB portnya yang terlalu kedalam demi sebuah desain yang ciamik. Seperti orang bilang “Fashion does hurt”.


EmoticonEmoticon