Senin, 21 Maret 2011

BUAHNYA BISA MELEDAK



Pernah melihat tanaman di atas ?...Yakin belum pernah melihatnya ?...Mungkin juga sudah sering menjumpainya. Ya..tanaman ini banyak kita jumpai di tepi jalan, di kebun di tepi sawah atau sungai. Daerah sebarannya tidak hanya di desa, bahkan di kota kita akan sering menjumpainya.

Tanaman ini termasuk dalam jenis tanaman semak dengan buah kecil berbentuk bulat panjang kecil dan ujungnya meruncing. Saat masih muda buahnya berwarna hijau dengan tengah berwarna kuning, saat tua buah berwarna coklat. Tanaman ini di setiap tempat memiliki nama berbeda-beda dan sampai saat ini penulis belum menemukan nama yang baku dan nama ilmiahnya ( bagi yang tahu nama baku dan ilmiahnya boleh menulisnya di komentar he..he..he..).

Sebenarnya tanaman ini biasa saja. Namun ada satu hal yang menarik perhatian penulis untuk mengunggahnya di blog ini. Penulis teringat pada masa kecil dulu suka bermain tanaman ini. Bagaimana cara mainnya ? Begini..! Anda melihat buahnya yang panjang runcing berwarna coklat ? Ya...buah dari tanaman inilah yang menarik dan unik, dan akhirnya bisa untuk menjadi mainan. Coba petik buahnya yang sudah coklat, lalu celupkan ujung buah yang runcing ke air. Tunggu beberapa detik...dan..."ppleetakkk.." Buah tersebut akan pecah mulai dari ujung yang runcing sampai pangkal dan menimbulkan suara yang cukup keras. Oleh karena itu penulis menamainya "Pletekan" seperti suara buahnya saat pecah. Yang lebih unik lagi, dengan buahnya seseorang bisa iseng dengan tujuan mengagetkan orang lain. Caranya ialah dengan mencelupkan buah tersebut ke air lalu meletakkannya di bahu atau di atas kepala teman yang mau diisengi. Tunggu beberapa detik...lalu akan "ppleetakk.." Bagi mereka yang menjadi korban akan cukup terkejut dengan bunyi dan getaran dari buah yang pecah tadi.

Dulu penulis sering melakukannya, namun maaf..agak sedikit jorok. Soalnya sebagai pengganti air untuk membasahi buah tadi, menggunakan air ludah ( he..he..he ). Soalnya kalau harus bawa air repot. Namun tidak apa-apalah sedikit iseng ...hehe..he


EmoticonEmoticon