Senin, 28 Maret 2011

An Amazing Concert with Extraordinary Performers... That's Konser Ulang Tahun Langit Musik!

Yep, itu opini pertama gue tentang Konser Ulang Tahun Langit Musik yang diadakan di Epicentrum Walk tanggal 19 Maret kemarin, dan opini ini ga mengalami perubahan sama sekali hingga akhir acara. Bahkan berkat konser ini, pandangan gue ke dunia musik Indonesia berubah total ke arah yang lebih baik.


Jujur sebelumnya gue rada malas untuk menonton konser ini. Gue lebih tertarik untuk nonton BB Live Concert yang diadakan Ismaya Group di hari yang sama, karena Shontelle manggung di sana. Sayang gue ga kebagian tiket. Ga mau melewatkan malam Minggu yang kabarnya bakal diterangin supermoon dengan percuma, gue pun cari alternatif lain. Konser Ulang Tahun Langit Musik.

Gue pun dengan semangat mendaftarkan diri untuk dapat access card-nya, tapi di sini malah muncul yang namanya kebodohan: gue daftar pas udah lewat masa pendaftaran. Dongkol banget perasaan gue hari itu (16/3), sampai malemnya pas gue lagi asyik nyampah di Twitter (as usual), ada twit dari Kak Rara yang intinya ngajak para bloggers buat ngeliput Konser Ulang Tahun Langit Musik plus wawancara para pengisi acaranya. Baca twit itu, gue langsung komentar dalam hati, "Wah, seru juga nih." Ga sampai semenit kemudian, e-mail buat nanya-nanya syarat dan ketentuan buat ikutan meluncur ke inbox e-mail Kak Rara.

And yay, I got it! Secara syaratnya cukup simpel, gue cuma butuh bikin postingan blog tentang Konser Ulang Tahun Langit Musik sebelum dan sesudah diselenggarakan. Cincai lah. Dengan semangat 45 ga sampai satu jam tulisan pre-event selesai dan langsung disetor ke Kak Rara buat diteruskan ke panitia. Habis itu gue langsung cabut tidur deh, simpan energi buat semaleman nonton konser :)

Pas tanggal 19 Maret, gue udah standby di Epicentrum Walk dari pas jam 3 sore. Sayang gue ga bisa langsung masuk venue karena access card untuk para bloggers masih diurus sama Kak Rara. Ya sudah gue berkeliaran keliling Epicentrum Walk dulu, sekalian liat-liat pengunjung yang juga sudah hadir untuk meramaikan acara. Banyak dari mereka yang dandan penuh cui, sampai bikin gue sempat minder karena pakaian gue biasa-biasa aja. Mana waktu itu gue juga melakukan kebodohan kedua: bawa laptop karena sempat ngira kalau pas acara berlangsung kita para bloggers mesti setor postingan juga. Ternyata ga ada aturan semacam itu. Akhirnya gue memutuskan dalam hati buat pulang bentar di tengah konser buat naruh laptop. Secara berat dan mati gaya banget deh nonton konser pake ribet nenteng laptop segala.

Mendekati jam 4 sore, access card untuk bloggers selesai diurus dan kita semua disuruh ngumpul di Starbuck Epicentrum Walk. Gue pun langsung beranjak ke sana, dan whoa! I met again with volunteers from Pesta Blogger+ 2010! Berasa reuni kecil-kecilan dah, mana dulu pas acara Pesta Blogger+ 2010 kita juga ngumpul di Starbucks. Di tengah cipika cipiki, ngobrol ke sana-sini dan nanya-nanya soal teknis wawancara para pengisi acaranya, tiba-tiba Kak Rara membuka sebuah kardus coklat besar dan kemudian membagikan satu per satu goodie bags di dalamnya ke para bloggers. Seneng banget gue waktu itu, secara waktu masih ngekos begini finansial rada kacau. Apalagi setelah gue liat isi goodie bag itu: flashdisk 4 GB, dua kaos unik, dan dua promotional CDs dari Di-da dan RAN. Kalau saja ga ada orang waktu itu kayanya gue bakal langsung teriak histeris saking senengnya.

Goodie bag sudah aman terjinjing, sekarang saatnya kita buat masuk venue. Teknis masuknya canggih juga, panitia mesti men-scan barcode yang ada di access card masing-masing. Dan sebelumnya juga ada satpam yang dengan teliti meriksa barang bawaan kita satu per satu, maksudnya biar ga ada makanan, minuman, atau bahkan senjata tajam dari luar yang ikutan masuk. Pemeriksaan selesai, kita pun langsung melenggang ke dalam venue dengan ceria. Tapi sempat ada kekecewaan waktu itu: kita bloggers ga dapet voucher welcome drink dan bahkan gue sempet ga dapet gelang Langit Musik-nya. Yah, toh kita juga daftarnya dadakan dan udah dapet goodie bag secara cuma-cuma, jadi kekecewaan itu juga ga berlangsung lama kok.

Sesampainya di venue, gue dan para bloggers yang lain ga langsung stuck di satu panggung aja. Kita keliling dulu dari panggung satu ke panggung lainnya sampai ada pengumuman kalau di panggung 1 bakal tampil Bottle Smoker yang abis tur keliling Eropa. Penasaran karena tiba-tiba aja itu panggung ramai dikerubuti kerumunan orang, gue yang super duper awam soal band indie, musik Indonesia, dan ga pernah ngeh dengan yang namanya Bottle Smoker pun ikut merapat ke sana. Performance mereka seperti apa sih hingga banyak orang yang doyan?

Ga sampai lagu pertama selesai dibawakan, gue udah terpesona aja sama performance mereka. Wah, ternyata di Indonesia ada nih band indie yang ngebawain musik electropop! Pakai berbagai macam toy instruments lagi, mana jumlah personilnya cuma dua orang. Memang mereka ga ada vokalnya, tapi kualitas mereka di mata gue udah bisa menyamai Owl City. Waktu manggung ada efek bubbles segala lagi. Ditunjang dengan sound system dan pencahayaan yang oke serta penampilan yang unik (personilnya pakai topi berkuping yang sooo fluffy! Pengen punya sebiji deh), gue bener-bener ga beranjak dari tempat gue berdiri sampai mereka selesai manggung.

The Banery langsung manggung ga lama setelah Bottle Smoker selesai. Saat itu gue pengen juga ngikutin konsernya dari awal sampai akhir, sayang bahu gue udah keburu pegel kelamaan nenteng laptop. Akhirnya gue pun cabut bentar untuk naruh laptop di kosan yang letaknya cuma setengah kilometer dari Epicentrum Walk. Selesai naruh, makan dulu dong. Alhasil baru sekitar jam 7an gue balik lagi ke venue.

Pas gue sampai, di panggung 1 lagi ada DJ Tiara. Para pengunjung pada duduk-duduk buat ndengerin tapi ada juga yang semangat 'pogo-pogo' di depan panggung (mostly laki-laki... ehem). Ga lama kemudian ada band yang manggung lagi dan pengunjung pun kembali berdiri buat merapat ke panggung. Gue yang rada bosen akhirnya ngacir ke panggung 2 buat kumpul-kumpul kembali dengan para bloggers. Kebetulan waktu itu Kak Rara juga SMS kalau jam 9 gue udah bisa wawancara salah satu pengisi acaranya... White Shoes and The Couples Company! Yippieeee!!!

Teng jam 9, gue langsung jalan ngikutin panitia yang tahu di mana White Shoes and The Couples Company 'bermarkas' sebelum tampil. Begitu ketemu mereka, jeder! Materi wawancara yang udah gue siapin di otak hangus begitu aja. Nervous booook. Gue udah sering liat konser mereka tapi baru kali ini bisa liat personilnya dari dekat. Alhasil wawancara jadi berlangsung alot, kaku, dan rada ga meaning. Huaaaa padahal sebenarnya banyak banget yang pengen gue tanyain ke mereka! Saking nervous-nya, ga sampai 15 menit gue langsung pamit aja, dan begonya ga take foto bareng mereka! Kebodohan tingkat tinggi ga sih!

Udah pegel sama kebodohan terbesar gue malem itu, gue akhirnya ngacir ke tempat jual makanan dan minuman. Saat itu pengen banget deh beli hotdog-nya, apa daya duit terbatas hingga akhirnya gue cuma beli teh botol aja. Selesai minum, wedew, kebelet buang air kecil. Terpaksa deh keluar venue bentar buat ke kamar mandi.

Nah begitu gue mau masuk lagi, eh si satpam nemuin botol minuman yang gue beli di dalam venue dan ga memperbolehkan gue masuk. Damn, gue kan belinya di dalam venue bukan di luar! Sayang itu satpam ga mau ngerti. Akhirnya karena minuman itu masih banyak dan gue sayang buat buang, gue pun memutuskan buat ga masuk ke venue dan malah nangkring di koridor dekat kamar mandi buat ngeliat konser di panggung 2.

Saat itu, Endah n Rhesa baru mau manggung. Gue sempet heran karena di tengah hujan yang cukup deras mengguyur venue, masih ada aja pengunjung yang bela-belain nongkrong di depan panggung dan bahkan ada yang pakai payung segala! Tapi pas si Endah n Rhesa mulai bawain lagu-lagu mereka, gue langsung ngeh kenapa pengunjung-pengunjung itu sampai sebegitu loyalnya. Permainan mereka keren banget dan full of love! Kekuatan vokal si Endah, permainan gitar duo mereka, sama interaksi antar keduanya dan interaksi ke penonton... semuanya patut diacungin jempol. Definitely masuk ke list musisi favorit gue nih.

Nah, di tengah-tengah mereka manggung ini, tepat jam 10 malem semuanya berhenti buat hening barang semenit aja. It's time for Expression for My Music! Bener-bener ga ada suara sedikit pun waktu itu, yang Endah n Rhesa bener-bener ga bergerak bak manekin dan pengunjung lain juga pada diam. Semuanya mengheningkan cipta buat kemajuan dunia musik Indonesia, termasuk gue sendiri tentunya.

Done with Endah n Rhesa, tadinya gue mau langsung cabut ke panggung 1 buat liat konser White Shoes and The Couples Company dan RAN. Aih, sayang saat itu entah salah teknis atau bagaimana, salah satu bass ga keluar bunyinya. Alhasil permainan mereka rada kacau. Para bloggers yang lebih senior akhirnya ngeracunin gue buat nonton konsernya Pure Saturday yang doyan ngebawain lagu-lagu klasik. Meski gue ga begitu kenal sama lagu-lagu mereka, gue tetep ikutan sok-sok nyanyi nge-lip sync pada akhirnya. Seru sih, banyak orang juga waktu itu. Dan hey, supermoon juga ada tepat di atas panggung 2!

Konser Pure Saturday selesai, gue melenggok bentar ke konsernya RAN. Yah, cuma kebagian ndengerin lagu Pandangan Pertama terus konser udah buyar. Udah selesai. Balik lagi deh gue ke tempat para bloggers yang lain ngumpul, ngobrol-ngobrol sebentar terus pulang bareng :)

Nah, yang bisa disimpulkan dari celotehan gue di atas adalah Konser Ulang Tahun Langit Musik itu cool abis. Top notch. Two-thumbs up and salute buat panitia, penyelenggara, dan juga pengisi acara yang sudah ngehibur gue semaleman di acara itu. Konser kalian ga kalah, dan bahkan menurut gue pribadi jauh lebih seru dibanding konser BB Live. Dan ya, berkat kalian juga pandangan gue ke dunia musik Indonesia jelas-jelas berubah. Gue yang dulu rada anti sama musisi Indonesia gara-gara infotainment yang kerap nampilin sisi gelap para musisi serta adanya artis-artis dadakan yang bisa manggung begitu aja tanpa kemampuan mumpuni hingga mencoreng dunia musik Indonesia, kini mulai welcome bahkan nge-fans sama beberapa band indie yang manggung di Konser Ulang Tahun Langit Musik. Bahkan sekarang playlist gue ga lagi muter lagu barat dan bahkan korea tapi ada juga lagu musisi Indonesia di situ. Thanks Konser Ulang Tahun Langit Musik, please invite me again in your second birthday concert! I'll gladly come!

Jakarta, 28 Maret 2011

Riska Kusuma Wardhani



EmoticonEmoticon