Minggu, 19 Juli 2009

Buat dan Daftar NPWP Online

Tags

Hello friend..hmm kali ini aku mw share neh pengalaman pertamaku buat NPWP dengan jenis wajib pajak pribadi...kebetulan waktu itu aku daftar via online ajah,tepatnya tanggal 4 Juni 2009 jadi mang baru ajah hehe..
Aku daftar waktu itu malam hari namanya juga online..mulailah aku daftar di web resmi Direktorat Jenderal Pajak www.pajak.go.id.info pendaftaran online kamu bisa dilihat dari Menu Utama > Aplikasi > e-Registration.
Tapi kalo kamu bingung, kamu bisa daftar klik langsung di DISINI

nanti muncul halaman login kayak gini neh :

(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

nah dah gitu aku milih Buat Account Baru, setelah itu muncul sejenis formulir gitu, nah kalo kamu mw daftar kamu harus isi disini dengan teliti..jangan sampe ada yang terlewatkan yah..cuz g akan bisa diproses kalo ada yang lewat satu ajah, formulirnya kayak gini neh:

(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

Bila data yang kamu isikan valid, maka proses pendaftaran account lancar dan baru selesai..tyus muncul kayak gini neh:


(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

trus selanjutnya isi data NPWP yang akan didaftarkan, klik ok link account diatas trus e-registrasi halaman login, isikan username dan password yang telah kamu buat tadi. karena aku buatnya untuk jenis wajib pajak pribadi. jadi aku kasih tanda di bagian itu, kayak gini :


(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

Setelah itu aku mengisi formulir registrasi wajib pajak orang pribadi yang tampilannya seperti di bawah ini..

(Klik Gambar Untuk Memperbesar)

Bila data yang diisikan telah benar, maka muncul halaman seperti di bawah ini:

Nah kalo dah kek gitu pendaftaran kamu dah selesai, selanjutnya klik cetak, nanti kamu akan dapetin 2 (dua) dokumen yang harus kamu cetak dalam bentuk print out
  • Formulir Registrasi Wajib Pajak Orang Pribadi
  • Surat Keterangan Terdaftar Sementara
Nah trus kamu bisa bawa dokumen itu ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak) serta membawa :
  • Fotokopi KTP
  • Surat keterangan tempat kegiatan usaha
untuk lokasi KPP kita bisa melakukan pencarian dari web pajak.go.id. Letaknya di bagian kiri web, tepatnya di bawah menu. Isikan salah satu field, bisa kelurahan aja, atau kecamatan aja. Boleh juga dua-duanya. Ntar jangan lupa klik tombol Cari, bentuknya seperti ini :


atau kamu bisa lihat di bagian atas Surat Keterangan Terdaftar Sementara atau Formulir Registrasi Wajib Pajak Orang Pribadi, disitu sudah ada alamat KPP yang harus kamu tuju.

nah karena aku disibukkan dengan aktifitas aku, aku cuma kirimkan dokumen-dokumen diatas (Formulir Registrasi Wajib Pajak Orang Pribadi, Surat Keterangan Terdaftar Sementara, Fotokopi KTP, Surat keterangan tempat kegiatan usaha) via pos ke alamat KPP yang dah disebutkan di atas. nah kamu tinggal nunggu sekitar 3 hari sampai 2 minggu atau kamu telp ke kantor KPP nya(tergantung kesibukan di kantor KPP) NPWP kamu akan dikirim ke alamat yang tertera di formulir registrasi kamu.
So, tunggu apa lagi? Cepat buruan daftarin diri kamu untuk menjadi Wajib Pajak.

Alamat KPP kamu bisa download disni :
Alamat Format PDF
Alamat Format xls


EmoticonEmoticon