Sabtu, 18 Juli 2009

Meningkatkan Mutu Konten

Tags



Sahabat blogger, tahukah anda apa yang terpenting di dalam sebuah blog? Bukanlah desainnya, bukanlah iklannya, bukanlah harganya. Ya, tetapi kontennya. Konten adalah segala-galanya dalam sebuah blog, blog dengan desain bagus pun apabila kontennya ecek-ecek akan terlihat sebagai blog yang tak berharga. Terus, bagaimana menghadirkan konten yang benar-benar berkualitas dalam sebuah blog? Oke, dari sini jangan alihkan perhatian anda dan tetaplah fokus meneruskan membaca. InsyaAllah ilmu yang akan anda dapat tidak akan sia-sia.

Untuk melahirkan konten-konten berkualitas dari sebuah blog, yang harus anda lakukan adalah:

Pertama, anda harus tahu apa tema konten yang paling di kejar pengunjung. Sedikit bocoran saja ya, tema tips and trik selalu digandrungi, apalagi tips blogging. Coba anda pikir, setiap akan memodifikasi blog, tentunya kita mencari referensi cara memodifikasi kan? Nah, bayangkan seberapa besar pengunjung yang datang kalau setiap harinya ada ratusan blog baru lahir. Tapi, jika anda memilih bidang ini, anda bisa menghitung jagoan-jagoannya seperti o-om, Kang Rohman, Kendhin, Jalooe dan lain-lain. Bukannya saya menakut-nakuti, tapi juga tidak ada salahnya anda mencoba mengangkat tema ini.

Kedua, pilihlah jenis dan ukuran font terbaik dalam postingan blog. Dalam urusan ini, verdana 10pt bisa menjadi solusinya. Rata-rata para blogger lama yang sudah tua menggunakan font ini untuk postingan blognya. Namun itu bukanlah harga mati, anda bisa menggunakan font-font lain yang terlihat formal namun santai. Jangan pilih font seperti pada karya-karya ilmiah. Pembaca akan malas muak melihatnya.

Ketiga, gunakanlah bahasa yang bagus namun tidak terkesan formal. Usahakan dengan bahasa yang anda gunakan tetap membuat pembaca merasa diperhatikan dan mempunyai kesan personal. Tulis sesuai dengan bahasa target pembaca konten kita. Jika target pembaca kita adalah mahasiswa, maka kadang syair-syair anak muda harus disuguhkan dalam rangka menarik minat baca mereka. Lain halnya kalau tulisan yang disuguhkan itu terlalu lebai, jayus, dan jaim, hanya membaca satu paragraf saja pengunjung akan lari terbirit-birit.

Keempat, perhatikan struktur konten yang anda tulis. Buatlah tulisan anda runtut dari awal hingga akhir dan mudah dipahami oleh pembaca. Jangan membuat pembaca anda kebingungan karena struktur tulisan anda yang ruwet. Membuat kerangka sebelum menulis adalah cara terbaik. Mari hadirkan konten yang bermanfaat, tapi janganlah anda terjebak dalam masalah ini sehingga membuat tulisan anda terkesan kaku dan tidak menarik.

Kelima, prioritaskan tema kepada tema-tema yang sedang booming. Ketika muncul sebuah peristiwa kemudian menjadi booming, rumuskanlah konten yang akan anda posting berkaitan dengan tema tersebut namun tidak terlepas dari tema utama blog anda. Seumpama, ada kasus "ponari", maka tidak ada salahnya anda membahas "ponari-ponari lainnya di internet". Ini dimaksudkan apabila ada banyak orang yang mencari tema-tema tersebut melalui search engine, mereka bisa ngangkut di blog anda.

Keenam, pastikan bahwa konten yang anda suguhkan bermanfaat bagi pembaca anda. Ya, konten atau tulisan yang anda suguhkan haruslah memberikan manfaat yang lebih bagi para pembaca anda. Bukan sekedar manfaat biasa, tapi para pembaca anda bisa merasakan ia mendapatkan manfaat yang luar biasa dari tulisan anda. Berikan sedikit janji yang lebih, namun jangan sampai terlalu berlebihan. Sehingga ia tidak akan segan untuk kembali ke blog anda untuk menghilangkan kehausannya akan konten-konten berkualitas anda.

Itu saja, terapkanlah cara-cara di atas dalam setiap postingan blog anda. Saran saya, baca lagi keseluruhan tulisan anda dari awal hingga akhir setiap anda menyelesaikan tulisan anda. Namun, disini posisi anda adalah sebagai pembaca tulisan, bukan si pembuat tulisan. Anda pasti akan menemui hal-hal yang perlu diperbaiki. Nah, baru publish tulisan anda apabila anda telah yakin bahwa tulisan anda berkualitas.

Nah, anda juga bisa menjadi seorang blogger yang bukan hanya mencari uang dan uang. Namun anda bisa berkarya dan memberikan manfaat lebih bagi masyarakat. Ya, anda bisa menjadi legenda dengan menularkan ilmu yang anda punya kepada orang lain. Sekian saja, semoga dengan cara-cara di atas bisa membuat para blogger-blogger Indonesia semakin berkualitas. Dan ingat, dengan blog kita juga bisa meningkatkan nama bangsa
Tetaplah berblogging!! dan Salam Blogger Indonesia!!


EmoticonEmoticon