Sabtu, 06 Juni 2009

Gunung Galunggung Dengan Sejuta Pesona

Tags

Obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 m di atas permukaan laut, terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya. Gunung ini tercatat pernah meletus sebanyak empat kali sejak tahun 1882. Letusan terakhir terjadi pada tanggal 5 Mei 1982, menyisakan wahana wisata alami yang indah untuk dinikmati. Saat ini, gunung Galunggung sedang dalam keadaan tidur lelap, sehingga dapat didekati dengan aman.


Biaya masuk ke obyek wisata gunung Galunggung cukup murah, Anda hanya akan mengeluarkan uang Rp. 2.300 untuk setiap orangnya. Terdapat beberapa daya tarik wisata yang ditawarkan gunung ini, antara lain: obyek wisata alam dengan areal seluas kurang lebih 120 hektar di bawah pengelolaan Perum Perhutani dan obyek yang lainnya seluas kurang lebih 3 hektar berupa pemandian air panas (cipanas) lengkap dengan fasilitas kolam renang, kamar mandi dan bak rendam air panas.

Menuju puncak gunung Galunggung saat ini sudah diberi tangga dengan 620 anak tangga untuk menggapai 200 m sisa ketinggiannya dari tempat parkir terakhir. Cukup melelahkan memang. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena di sepanjang anak tangga tersebut ada yang berjualan air Lahang, sejenis minuman yang terbuat dari gula merah asli, yang bisa mendongkrak stamina Anda untuk meneruskan perjalanan ke puncak gunung.


Melihat potensi daya tarik yang mungkin digali, serta posisi geografis yang cukup strategis, serta memiliki kekhasan dari kondisi alamnya, obyek wisata gunung Galunggung cukup potensial untuk dijual kepada wisatawan mancanegara. Namun obyek wisata tersebut belum dikemas dalam paket wisata yang profesional. Itu terlihat dengan kurang terawat dengan baiknya fasilitas-fasilitas yang ada di sana.

Menarik bukan? Oleh karena itu, datanglah bersama keluarga Anda untuk berlibur ke obyek wisata gunung Galunggung. Si raksasa tidur penuh pesona itu sedang menunggu Anda.

Sumber: Asep Saepul Rohman (Netral Crew 59)


EmoticonEmoticon