Kamis, 17 Juni 2010

OVEN MATAHARI..nol emisi

Hobi memasak ?? Dan suka makan ?? Tentu tidak jauh-jauh dengan dapur. Apa yang anda pakai sebagai bahan bakar untuk kompor yang anda pakai memasak ? Apakah masih dengan minyak tanah atau gas elpiji ? Itu terserah pilihan anda. Namun saat ini minyak tanah sudah tidak disubsidi lagi oleh pemerintah dan kalaupun ada susah didapat dan harganya mahal. Jika memakai gas elpiji masih cukup mudah didapat, harganya lebih murah dan lebih bersih. Tetapi dengan seiring waktu harganya juga terus menanjak.

Sekarang ada pilihan alternatif sumber energi untuk memasak. Anda cukup dengan mengeluarkan sedikit uang untuk membuatnya. "Membuat ??"..itu mungkin pertanyaan yang ada di benak anda. "Ya.." Kita akan membuatnya, tepatnya membuat oven dan bahan bakarnya tidak perlu membeli. Kita sebut oven ini dengan sebutan "oven matahari". Memang kita cukup dengan memanfaatkan panasnya cahaya matahari yang tiada batas sebagai energi untuk memasak.

Cukup sediakan (1) kardus bekas mie instan dan kardus lain yang lebih kecil (2) kertas timah atau alumunium foil, (3) koran bekas atau rumput kering atau serbuk kayu, (4) cat hitam, (5) kaca bening atau plexiglas seukuran luas permukaan atas kardus besar, (6) panci warna gelap dengan tutup, dan (7) termometer (jika ada).


Cara membuatnya ialah :
  1. Lapisi semua sisi dalam kardus yang besar dengan kertas timah atau aluminium foil, termasuk pada sisi dalam tutup kardus.
  2. Cat sisi dalam kardus yang lebih kecil dengan cat warna hitam dan keringkan.
  3. Buka kardus besar yang telah berlapis kertas timah dan posisikan keempat tutupnya dengan sudut 60 derajat dari permukaan kardus.
  4. Masukkan kardus kecil ke dalam kardus besar, di antara keduanya isi dengan koran bekas yang telah diremas atau rumput kering atau serbuk kayu.
  5. Jika ingin langsung memasak, letakkan panci warna gelap (tentu sudah bersama makanan yang mau dimasak ) di dalam kerdus yang kecil.
  6. Tutup kardus dengan menggunakan kaca.
  7. Letakkan kardus di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.
  8. Oven ini lebih efektif bila dipakai tepat pada siang hari dimana matahari tepat tegak lurus di atas kita.
Oven kardus tenaga surya sederhana ini mudah dibuat dan cukup murah. Oven ini bisa stabil di suhu 90,5 derajat celcius, suhu yang lebih dari cukup untuk menjerang air dan memanggang kentang. Akan tetapi oven murah ini tetap saja memiliki kelemahan, yaitu kurang efektif bila dipakai di saat matahari belum cukup terik. Akan tetapi tidak ada salahnya mencoba energi alternatif yang murah meriah dan berlimpah. Selamat mencoba.


Sumber : Jon Bohmer ( National Geographic Indonesia edisi November 2009 )


EmoticonEmoticon