Senin, 03 Mei 2010

AFROMONTANE



APAKAH AFROMONTANE ITU ?

Menyembul seperti kepulauan di lautan, Afromontane, rangkaian noktah-noktah besar sepanjang Afrika Timur, adalah rumah bagi keragaman kelompok tumbuhan dan hewan.
Rangkaian dataran tinggi dan pegunungan itu membentang dari Arab Saudi dan Yaman, menyebrang Laut Merah dan sepanjang Benua Afrika ke Zimbabwe. Merki terpisah-pisah oleh dataran rendah, tetapi dataran-dataran tinggi itu memiliki karakteristik keragaman bio-geografis yang tetap.

Daftar spesies Afromontane meliputi 7.600 tanaman, 1.300 burung, 890 ikan, 500 mamalia, 350 reptil, dan 250 amfibi. Jumlah makhluk invertebrata tak diketahui, tetapi ditemukan lebih dari 1.300 kupu-kupu di hanya satu bagian saja dari pegunungan itu. Tanaman-tanaman di Afromontane tersebar dari utara ke selatan dengan sejumlah kesamaan vegetasi di ketinggian yang sama. Sebagian besar spesies Afromontane bersifat endemik.

Lembah The Great Rift menjadi pusat Afromontane. kekuatan geologis yang telah menciptakan lembah itu juga membentuk sejumlah danau terkemuka, termasuk danau Tanganyika yang merupakan dalau terdalam ke-2 dengan kedalaman 1.471 meter.
Kerusakan habitat kebanyakan disebabkan oleh pertanian dan penebangan hutan. Hal ini merupakan ancaman terbesar dari kelestarian keragaman biota Afromontane. Hanya sekitar 15% dari sistem tersebut yang berada dalam perlndungan resmi.


Sumber : Kompas edisi Minggu 19 Juli 2009


EmoticonEmoticon