Senin, 03 Mei 2010

OBAT-OBATAN PENGUBAH DUNIA

1. OPIUM ( CANDU )
Obat yang penting, baik dari sudut politik, dagang maupun budaya. Opium adalah bahan utama obat penahan sakit.

2. VAKSIN CACAR
Edward Jenner memperkenalkan vaksin cacar yang dibuat dari antibodi sapi pada tahun 1798. Tahun 1885, para pelancong dari Motreal, daerah epidemi cacar, disuntik vaksin di atas kereta api.

3. SALVARSAN
Pada tahun 1910, ilmuwan Jerman, Paul Ehrlich menciptakan bahan kimia yang menyerang patogen spirochete, yang membawa penyakit sifilis. Karena metodenya, ia dikenal sebagai 'bapak kemoterapi'.

4. INSULIN
Sebelum Frederick Banting dan kolega-koleganya mengisolasi jenis hormon ini pada tahun 1920-an, para pasien diabetes terpaksa diet ketat. Tidak banyak obat yang bisa menyembuhkan begitu banyak orang dengan begitu cepat.

5. PENISILIN
Saat ditemukan tahun 1928, penisilin belum dihiraukan orang. Antibiotik ini mulai dikenal di perang dunia II ketika digunakan untuk mengobati serangkaian penyakit yang menular dan mematikan.

6. EVONID

Jenis pil kontrasepsi pertama di Amerika pada tahun 1960. Pada tahun 1970, evonid yang dikonsumsi jutaan orang, menjadi obat pertama yang mencantumkan efek samping pada kemasannya. Hal yang ditentang para ahli kesehatan pada masa itu, tetapi menjadi hal yang wajar sekarang.

7. THALIDOMIDE

Selama akhir tahun 1950-an dan awal 1960-an, ia menjadi penyebab lahir mati atau lahir cacat para bayi yang ibunya mengkonsumsi obat penenang ini selama masa kehamilan. Thalidomide muncul lagi tahun 1990-an sebagai solusi pengobatan komplikasi penyakit kusta dan penyakit lainnya.


Sumber : National Geographic Indonesia


EmoticonEmoticon