Senin, 03 Mei 2010

PISANG...vaksin baru untuk Hepatitis B

Apa yang terpikir dalam benak anda bila melihat buah pisang? mungkin saja anda salah satu dari berjuta-juta penggemar buah pisang. Apa saja yang anda ketahui tentang manfaat buah pisang itu sendiri? Ternyata saat ini buah pisang telah dapat dipakai sebagai bentuk metode pemberian vaksinasi, yaitu vaksinasi hepatitis B.

Vaksinasi hepatitis B tak lagi diwarnai tangisan, tetapi keceriaan balita yang melahap bubur pisang. Itu salah satu harapan para peneliti dari LIPI dan ITB dalam mengembangakan vaksin yang langsung bisa dimakan dalam buah pisang yang murah, enak, dan tak kenal musim. Selain mengurangi efek samping jarum suntik, pendistribusian vaksin dalam buah pisang relatif mudah, tanpa harus memenuhi syarat penyimpanan dalam suhu 2-8 derajat celcius. lewat rekayasa genetika, AS sudah terlebih dahulu mengembangkan vaksin hepatitis B dalam kentang dan China dalam buah tomat.

Vaksin yang dihasilkan dari tanaman aman digunakan karena sebagian besar patogen tanaman tidak menginfeksi manusia. Untuk dimakan pun tidak perlu purifikasi. Saat ini para peneliti dari ITB sedang dalam tahap proses kontruksi plasmik terkait gen hepatitis. Adapun peneliti dari Pusat Penelitian Biologi LIPI sedang melakukan proses kultur jaringan, mempersiapkan tanaman pisang. Setelah dikembangkan, harapan selanjutnya adalah antigen pada pisang bisa berfungsi sebagi vaksin, menimbulkan sistem imun terhadap virus hepatitis B.

Sumber : Titania Febrianti ( National Geographic Indonesia )


EmoticonEmoticon