Senin, 14 Mei 2012

Memilih Nama Blog yang Bagus

Memilih Nama Blog yang Bagus
 
Seperti memilih nama untuk seorang bayi, mencarinama blog itu menyenangkan, tapi sedikit susah. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan efeknya, seperti bagaimana nama panggilannya; siapa lagi yang punya nama seperti itu; jika orang mendengar nama itu, apa yang akan mereka pikirkan; apakah namanya gampang diucapkan; atau menggunakan nama orang terkenal. Apa yang akhirnya kita putuskan menjadi nama si bayi adalah keputusan yang akan mempengaruhi seumur hidup. Begitu juga dengan nama blog anda. Mungkin beberapa orang akan menolak teori ini. Akan tetapi, jujur saja, sedkit banyak itu akan bakal mempengaruhi kelangsungan blog anda ke depannya.

Mengapa Harus Punya Nama yang Unik ?

Biasanya, nama sendiri dan unik akan menimbulkan kesan yang lebih profesional. Kalau sebuah nama mudah diingat, bukan tidak mungkin pengunjung akan datang dan datang kembali mengujungi blog anda. Bahkan bisa berdampak positif pada rangking di search engine.
Faktor – faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Nama Blog :

Berikut ini beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pemilihan nama blog :

1. Tujuan
Apa tujuan anda nge-blog? Biasanya, yang bertujuan profesional juga sudah terlihat dari nama blog-nya. Mereka tentunya tidak akan memilih nama blog dengan sembarangan. Mereka akan memikirkannya dengan cukup teliti. Tidak heran apabila terkadang ketika menemukan sebuah nama blog, ada makna khusus yang terkandung di baliknya.
Berbeda dengan blog yang dibuat sekedar untuk iseng. Nama blog-nya pun akan terlihat biasa, dalam arti hanya hanya menggunakan kata-kata yang singkat dan memang tidak memiliki makna khusus.

2. Topik Blog
Ini sudah pasti. Biasanya, topik dari blog itu sudah kelihatan ketika orang membaca namanya. Ketika nama sebuah blog tampak seperti nama orang, biasanya topik blog tersebut adalah tentang orang tersebut. Dengan kata lain, blog itu adalah sebuah blog pribadi atau jurnal pribadi. Begitu juga jika topik blog itu adalah bidang kesehatan, namanya biasanya bernuasa medis.

3. Harapan Jangka Panjang
Apa yang anda inginkan dalam jangka panjang? Apakah ingin membangun citra anda sendiri, sekedar hobi, ataukah ingin mendapatkan banyak iklan?

4. Berapa orang yang mengelola blog itu
Kalau pengelolanya banyak, tentunya pemilihan nama blog harus disepakati bersama. Hal itu berbeda dengan blog yang hanya memiliki satu orang saja.

5. Intinya serius atau lucu-lucuan
Hal ini juga akan mempengaruhi pemilihan judul blog yang kita ambil. Kalau isinya lucu-lucuan, namanya juga bakal lucu-lucuan. Sebaliknya, blog yang serius akan memiliki nama yang biasanya serius juga.

6. Panjang Nama
Jangan sampai membuat nama yang terlalu panjang sehingga sulit untuk diingat oleh pembaca. Pilihlah yang singkat dan gampang diingat. Kadang, orang juga malas menuliskan alamat web yang terlalu panjang. Akibatnya, terutama bagi anda yang memang mengharapkan pengujung, bukannya banyak yang datang, malah mereka membatalkan niat untuk itu. Saya pernah membaca sebuah alamat website terpanjang di dunia, tapi jujur saja, saya malah tidak tertarik untuk membukanya sebab namanya terlalu panjang dan hanya bisa dituliskan dengan membawa catatan.

Sumber : buku GO BLOG karangan Assep Purna Mulyanto


EmoticonEmoticon