Rabu, 16 Mei 2012

Optimalisasi Blog

Menulis Konten yang Bagus

Pembaca blog jarang menghabiskan waktu mereka untuk membaca tulisan kita secara utuh. Mereka hanya memerhatikan sekilas dan jika tidak tertarik menurut mereka, langsung ditinggalkan. Ada beberapa tips dari blogger senior yang mungkin bias membantu anda semua dalam membuat tulisan yang bagus.

1. Buatlah daftar Tulisan
Maksudnya, system pelabelan atau kategorisasi pada blogger.com dan wordpress.com. Setiap label akan mewakili tulisan-tulisan dari jenis yang sama sehingga jika pembaca tertarik, mereka bias mengeklik label tersebut dan keluarlah tulisan-tulisan sejenis. Nah, buatlah daftar ini dengan menggunakan kata-kata yang tepat dan memang bias mewakili tulisan-tulisan anda.

2. Jenis Tulisan
Di dunia Internet, tulisan yang menggunakan bold (tulisan tebal), italic (tulisan miring), atau underline (garis bawah) akan membantu mesin pencari dalam menelusuri situs anda. Hal itu turut meningkatkan popularitas blog tersebut di search engine. Disamping itu, penggunaan efek khusus pada tulisan ini bisa memberikan penekanan pada pembaca tentang apa yang sebenarnya ingin anda sampaikan.

3. Gambar
Penggunaan gambar turut menarik perhatian pembaca. Namun, mungkin perlu juga diperhatikan untuk tidak menggunakan gambar secara berlebihan karena akan memperlambat waktu loadpage. Efeknya, web akan lebih lambat muncul ketika diklik; awalnya ingin untung, malah jadi bunting.

4. Jeda
Sediakanlah sedikit jeda pada tulisan; mungkin antar paragraph. Tujuannya agar para pembaca tidak merasa terlalu dijejali ketika membaca tulisan yang bertumpuk-tumpuk. Dengan adanya jeda, mereka akan memiliki kesempatan untuk menarik nafas terlebih dahulu untuk kemudian melanjutkan membaca tulisan kita hingga selesai.

5. Paragraf Pendek
Jangan terlalu memaksa tulisan muncul dalam satu paket penuh. Bagilah ke dalam paragraph-paragraf kecil sehingga mungkin akan lebih nyaman bagi pembaca anda.

6. To The Point
Jangan biarkan pembaca membaca tulisan yang bertele-tele karena hal itu tidak akan menyenangkan bagi mereka. Pastikan mereka sudah mendapatkan ide tentang tulisan anda di awal kalimat; dengan kata lain, sesegera mungkin.



Menggunakan Judul yang Efektif

Judul adalah hal yang pertama yang dilihat oleh pembaca. Seandainya judul tulisan anda menarik, pembaca tentunya akan segera membacanya. Namun, kalau judulnya biasa-biasa saja, tidak luar biasa, pembaca hanya akan lewat begitu saja.
Oleh sebab itu, mungkin beberapa hal ini perlu anda pertimbangkan ketika membuat judul sebuah artikel :

1. Sesederhana Mungkin
Soalnya, pembaca tidak akan mau berlama-lama memerhatikan hasil pencarian google. Mereka akan melihat judul-judulnya dan langsung memilih salah satu yang sesuai saja. Judul yang terlalu panjang mungkin akan mengaburkan maknanya jika dibaca sepintas, apalagi pembaca yang ingin serba cepat. Jadi, buatlah judul tulisan sesederhana mungkin.

2. Menarik Perhatian
Seperti yang sudah dijelaskan, judul yang bagus akan dapat menarik perhatian pembaca. Judul yang banyak menarik perhatian ini biasanya adalah judul-judul controversial, berupa pertanyaan, atau bahkan membingungkan. Namun, bias menjadi boomerang kalau ternyata isi tulisan anda tidak sama menariknya dengan judulnya.

3. Menggambarkan Isi Tulisan
Ini ada kaitannya juga dengan poin kedua. Kebanyakan pembaca akan tertarik pada judul yang sedikit menggambarkan apa yang mereka temukan di dalam tulisan yang akan mereka baca. Jadi, kombinasi dengan poin pertama tadi, usahakan judul yang sederhana, tapi dapat mewakili keseluruhan isi tulisan.

4. Gunakan Keyword
Ini berkaitan dengan SEO (Search Engine Optimization, yaitu optimalisasi popularitas situs kita di mesin pencari). Semakin sering kita menggunakan keyword yang sesuai dengan tema blog kita dalam jumlah tulisan, semakin besar pula kemungkinan tulisan kita akan muncul di hasil pencarian google dan mesin pencari lainnya.

5. Jangan Asal
Meluangkan waktu sejenak untuk menulis sebuah judul yang menarik tidaklah berlebihan. Hal itu memang layak untuk dilakukan. Istilah kerennya, “worth it”.


Sumber: Go Blog


EmoticonEmoticon