Rabu, 16 Mei 2012

Manfaat/Faedah Sholat

Manfaat/Faedah Sholat
Kita setiap hari melakukan sholat fardu berjamaah lima kali sehari semalam. Selain itu melaksanakan sholat tahajud secara dawam (rutin) yang telah diwajibkan oleh Al-Masih kita sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Tentunya kita merasakan faedah-faedah dalam sholat-sholat tersebut. Berikut adalah beberapa faedah dalam sholat:

Meraih keridhaan Allah SWT

Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di surga 'Adn. dan keridhaan Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan yang besar. (At-Taubah: 72)
“keridhaan merupakan suatu hal yang nilainya paling besar. Dan pada kenyataannya , ganjaran yang paling besar bagi seorang hamba-Allah adalah kalau Allah menaruh ridha kepadanya.”

Memperoleh ketenangan batin

...orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka kebahagiaan dan tempat kembali yang baik.(Ar-Rad : 29)
Diperolehnya ketenteraman hati, sebab kegelisahan itu biasanya timbul pada saat ketika orang mengerti bahwa ia akan menjadi binasa dilantarankan oleh suatu musibah. Seandainya ia yakin bahwa bagi setiap musibah dan setiap kesulitan ada obat penanggulangnya, maka sudah pasti ia tidak akan merasa gelisah. Jadi, apabila seseorang mengerjakan zikir Ilahi dan memahami bahwa Allah memiliki kekuatan-kekuatan yang tidak mengenal batas dan Dia mampu menjauhkan segala bentuk kesulitan, maka ia akan berkata bahwa kalau Tuhan demikian peri  keadaannya, maka musibah apa saja yang perlu ditakutinya? Dia Sendiri akan menjauhkan musibah itu. Dengan demikian ia mendapati perasaan yang tenteram.

Tercegah dari hal yang nista

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, Yaitu Al kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. dan Sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.(Al-Ankabut :46)
“Allah Ta’ala berfirman kepada Rasulullah saw. supaya beliau membacakan kepada orang-orang Kitab yang diberikan kepada beliau dan supaya mendirikan salat. Adapun salat itu mencegah manusia dan berbuat jahat dan keburukan. Dan berzikir Ilahi itu besar sekali nilainya dan Allah Maha Mengetahui tentang apa-apa yang diterangkan oleh beliau.”

Hati menjadi tegar

Hai orang-orang yang beriman. apabila kamu memerangi pasukan (musuh), Maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya[620] agar kamu beruntung. (Al-Anfal:46)
“Dengan perkataan lain Allah berfirman: wahai, kaum muslimin! Jika kamu sekalian mau bertolak guna menghadapi suatu kekuatan musuh yang perkasa, maka lakukanlah hal ini: mulailah kamu sekalian berzikir Ilahi. Maka sebagai buahnya, musuh kamu sekalian pasti akan mengambil langkah seribu dan kamu sekalian akan mengalahkan mereka.

Berhasil mencapai maksud

Dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung. (Al-Jumuah :11)

Terkabulnya doa-doa

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai. di hari Pembalasan. (Al-Fatihah :1-4)

Mendapat teduhan di hari kiamat

Rasulullah saw bersabda, pada hari kiamat ada tujuh orang yang di atas mereka bayang-bayang Tuhan akan meneduhi mereka. Diantara ke tujuh orang itu terdapat seorang pelaku zikir. Rasulullah saw bersabda, hari itu akan merupakan haari yangdemikian gawatnya sehingga semua nabi akan dicekam oleh rasa takut dan tak pernah tuhan begitu rupa murkanya seperti pada hari itu sebab semua orang nakal akan dihadapkan kepadaNya. Matahari pun akan sangat dekat.

Menumbuhkan Kecintaan Kepada Allah

Cinta akan semakin berkembang, sebab merupakan suatu kaidah pada manusia bahwa manusia akan  jatuh hati pada sesuatu yang ia setiap waktu berhubungan dengannya. Sampai-sampai di dalam diri seseorang timbul kecintaan terhadap desa atau kota tertentu yang telah lama ia tinggal di dalamnya. Walhasil, bila seorang hamba Allah pagi dan petang bahkan setiap saat mengingat serta menyebut nama tuhan secara berulang kali maka kecintaan kepada tuhan akan berkembang di dalam dirinya secara perlahan-lahan.


EmoticonEmoticon