Senin, 07 November 2011

Krisis Identitas Part 1

Belakangan ini gue yang memang doyan minder kembali down lagi gara-gara yang namanya krisis identitas. Eits, jangan berpikir jauh sampai yang ke level kebangsaan ya. Gue dengan bangga masih bisa bilang kalau gue 100% orang dan bangsa Indonesia asli, dialirin darah Jawa dari nyokap dan Madura dari bokap.

Nah masalah kedaerahan ini yang bikin gue bingung. Sebelum gue kuliah di Jakarta, sudah 15 tahunan gue tinggal di Jawa Timur: 3 tahun di Madiun dan 12 tahun di Malang. Segemerlap, sekeren, dan selengkap apapun Jakarta, ntah kenapa sampai sekarang yang namanya Jawa Timur ini masih melekat banget di benak gue.

Selayaknya orang Jawa pada umumnya, gue bisa dong ngomong Jawa. Meskipun Jawa yang gue bilang di sini adalah Jawa malangan-suroboyoan ya, as in yang sering dihiasi kata-kata "juanc*k" dan sebagainya. Beda banget sama Jawa alus-nya orang Klaten atau Yogya. Dan sudah bukan rahasia umum lagi kalau yang namanya orang Jawa ini terkenal dengan kemedokan dan 'kealusan' tingkah lakunya.

Sedihnya, gue ga medok. Orang kalau ngomong sama gue pasti kaget banget begitu tau gue ternyata berasal dari Jawa Timur. "Lo ga medok, Ris." "Masa sih lo orang Jawa? Logat lo udah mirip kayak orang Betawi nih." Begitu mereka sering bilang. Bapak kos gue bahkan sempet ngira gue ini orang Medan!! Watdehel!! Gue ga tau mesti bangga atau ngerasa terhina. Ya bangga soalnya temen-temen gue ga bakal ngetawain gaya bicara gue (secara ga medok) dan juga sebagai bukti kalau proses integrasi dan asimilasi (apa sih) gue sukses besar; tapi juga terhina soalnya gue berasa bukan jadi orang Jawa, berasa ga punya kampung. Di tempat kerjaan gue yang baru juga bos gue, orang Surabaya yang udah kerja lebih dari 20 tahun di Kalimantan dan Jakarta, bahkan ngomongnya masih medok!! Sebenernya apa sih yang bikin gue ga punya logat? T-T *beneran nanya*

Sempet terpikir, apa itu gara-gara nyokap bokap gue membiasakan gue dan adik gue buat ngomong dengan bahasa Indonesia instead of Jawa ya di rumah? Bukannya bermaksud buat sok nasionalis atau sok lupa daratan ya dengan ngambil langkah tersebut, tapi itu karena nyokap gue ga mau gue ngadopsi bahasa bokap gue yang rada kasar (Madura euy!) dan karena nyokap gue sendiri ga bisa bahasa Jawa normal (FYI nyokap gue orang Bondowoso-Banyuwangi, beliau belajarnya bahasa Osing bukan Jawa). Gue inget banget waktu kecil jaman SD SMP gue sering maen ke rumah tetangga gue, Pakdhe Yono, cuma buat minta tolong bantuin ngerjain PR Bahasa Daerah. Tapi ya tetep aja, di sekolah dan sama temen sepermainan gue masih ngomong pake bahasa Jawa malangan-suroboyoan sepenuh hati. Masa iya sih gara-gara gue di rumah ga ngomong Jawa sekarang gue jadi kehilangan logat begitu?

Next, baca Krisis Identitas Part 2


EmoticonEmoticon