Jumat, 27 Juni 2014

5 minggu, 50 cerita @cepu

Tags

"Cause life is a journey, not a destination"

"Karna setiap langkah kehidupan harus dinikmati, karena cerita ini mungkin hanya akan muncul sekali seumur hidup"

1. Akhirnya waktu ini dateng jugaa,,,saatnya gelombang terakhir berangkat. Uda bukan saatnya cuma liat2 foto2 temen2 yg uda duluan, tapi saatnya kita ngerasain sendiri sensasinya

2. 20.30, kereta sembrani berangkat dari gambir menuju sebuah kota kecil nun jauh disana -Cepu-


3. Kurang lebih pukul 4 pagi, Pertama kali nginjekin bumi cepu. Keluar kereta jam 4 pagi sambil sibuk loncat2 dr kereta n slg bantu turunin koper yg segambreng gegara g dapet peron. Sampe di luar stasiun, pada bingung mau kemana, karna g ada yg bilang kita harus kemana. Puluhan orang tumpek breg di stasiun, dengan tujuan yang sama,,,namun belum saling kenal

4. Ini tempat tinggal kita 5 minggu kedepan--Wisma patra 1 buat wisma cewek n wisma patra 2 buat wisma anak2 cowok


5. Hari pertama ada gladi resik pembukaan acara. Dan kita duduk per masing-masing angkatan. Hari pertama penyesuaian udara n cuaca karna di cepu ini bener2 puanaasss. Hari pertama,,,angkatanku ini hening bingiiidd,,,,

6. Hari kedua, libur tanggal merah,,, sibuk cari topi buat seminggu pertama karna gosipnya bakalan dijemur panas-panasan besok .. #fulllapangan ;p

7. Semua diawali dengan Dinamika kelompok yang seru di nglajo. Kata yang paling nge hits waktu dinamika kelompok -- gagal move on (dan ini hasil tulisan saiaa sebenernya #pengakuan😔). Dari cerah, keringetan, jadi warna serba putih semua gegara bubuk tepung lengket2 hasil permaenan anggaran vs korupsi ;p


8. Libur tgl merah kedua - judulnya sepedaan keliling cepu. Nemu yang namanya taman seribu lampu, jajan jajanan pasar, melintasi perbatasan jawa tengah dan jawa timur, n ngeksis foto di tulisan cepu kota minyak (antara taman seribu lampu-bravo)


9. Dapet jatah PBB untungnya cuma 2 hari. Dari 2 hari ini, kejadian paling bikin ketawa itu pas langkah tegap, tetiba ada adegan sol sepatu mutia lepas ditengah jalan,,, ;p (adegan selanjutnya bak iklan mentos ,,,hihihi) -km lucuukkk bgt muuuutttt ,,,,,

10. Pelajaran pertama w/ WI paling kece,,,bu santiii,,,semua pasti setuju kalo WI ini cara ngajarnya paling kecee. Mulai dari games perkenalan, nyusun quote sampe bikin drama (lawak club, mencari bakat). Semua mungkin setuju, ini awal yg kece buat angkatan 6. Pelajaran bu Santi, komunikasi efektif ;)


11. Seru itu tetiba Kamar B1 (Baca: Indah, gulis, Iin) klik sama kamar B4(marina, nila, sesya) : mayoritas anak E. Dan kebetulan temen satker yang cowok sekamar sama anak2 E pulak. Jadilah kita tetiba nemu geng makan malem bareng. (Sebut saja namanya geng avontuur en cruisen)


12. Avontuur on cruisen: Ngebuat malem-malem di cepu, paling engga berwarna. Jalan-jalan malem, entah cuma ke indomaret ato skalian cobain kuliner di cepu ini. Jalanan di cepu asik, beda banget sama jakarta. Bisa jalan santai n jalanan super sepi, dan tanpa polusi udara.

13. Masuk ke Minggu ke dua ... temen2 di wp3 uda mau pada pulang ...  saatnya ngumpul bareng satker gelombang cepu. Reza milihin RM Sapring. 2 minggu dicekokin sama makanan wisma, tetiba makan ikan bakar itu berasa sangat lezato skali .. bahkan sampe nambah-nambah.


14. Angkatan 6: Minggu ke dua di cepu...angkatan 6 uda mulai nunjukin gejala2 keseruan, kekerenan, dan kekompakan ... kita juga sepakat n 1 suara buat bikin piknik bareng satu kelas. Dan meeting persiapan piknik pun dimulai .. (aakkk,,,syenengnyah bisa ngerasain piknik bareng 1 kelas .. berasa balik ke jaman-jaman sekolah dolooo)  #dan tanda2 kejayaan pun dimulai

15. Pagi itu ada olahraga pagi. Jam 5 kita mulai ngebentuk barisan. Pas sang pelatih bilang buka formasi buat olahraga, langsung dong ya....angkatan 6 ngeganti tu kata2 "korsa korsa korsa" jadi "sesya sesya sesya" #dan sesya pun jadi hits di minggu ke2 (dan seterusnya ;p)

16.  Lagu2 yang selalu dinyanyiin setiap hari... pagi dan sore hari... sampe ud saking kebawanya, tetiba kalo nggumam, yg muncul itu lagu dibawah ini,,,


17.

Inget adegan foto diatas? Lupak ini pelajaran apa,,, tapi kita diminta buat 3 tim, trus tugasnya adalah bikin mesin manusiaa. Kelompok pertama bikin mesin game chucky doll, tim kedua bikin nots2 di piano,n tim ketiga dengan mesin drillingnyaa (kalo g salah ;p),,,

18. Itu cerita waktu dikelas. Kalo siang itu jatahnya keasikan kelas, kalo malem jatahnya jalan-jalan malem.. sama avontuur en cruisen. Bener2 enak di cepu ini,,udara bersih (walo agak panas yaa ;p), jalanan lengang didepan wisma, jadwal stlh jm pelajaran bebas bisa ngapa2in.Kali ini giliran kita cobain yang namanya sate Blora


19. Weekend minggu kedua tibaa!! Ini yang ditunggu-tunggu sama kebanyakan orang di WP1 n 2. Akhirnya kita uda diijinin buat jalan keluar kota. Kali ini tujuan kita ke Bandungan, barengan sama aontuur en cruisen:p. Inget jalan rusak spanjang purwodadi, Elf tanpa AC, Goncangan yg bikin mabok, Soto semarang yang mungil tapi enak bingid, Semarang yang panas n macet cet cett,,,,lumayan terbayar pas nyampe di candi gedong songoo,,,recharge ama dingiinnya udr di bandungan ;)

Oyaa,,inget juga dong after hari h, kita masi bareng2 ngegerombol ke wp3... bawa 10 orang cowok, badan gede2, modal sedakep ama berdiri ngerubung (biar keliatan sangar cuy ;p) ... kasusnya g usa diceritain la yaa,,,tp mlm itu semua kereen la ya pokoknya!!! ;)


20. Bandungan slese, sorenya mampir foto eksis di depan lawang sewu,,,karna uda malem, g ada niatan juga si ya buat masuk,,,, untungnya ada guide bruno mars asli semarang (baca:aris) kita yg tau spot foto terkece buat foto sama lawang sewu.., yeayy!


21. Minggu ke tigaa ,,,,, puncak ketenaran dan semangat angkatan 6. Didukung pulak sama bapak tentara juki. Mulai dari lirik2 lagu yang diubah-ubah, gerakan2 nyanyi modifikasi, n yg hits banget itu gerakan ala iwak peyek (yg tadinya ni gerakan cm co doang, skarang semua ikt goyang!)

22. Ceng-cengan pun semakin menjadi,,, cowok2 semakin menggilaa,,,Mulai dari serangan foto2 yg tetiba diedit2 pake luv2 an, serangan foto dp bareng pacar masing yang tetiba menuhin pic wa, ceng cengan setiap waktu setiap saat, n semua pasti g bakal lupa sama kata2 "pagi syesyaa!!" (Pake nada iklan pagi raisa ;p)

23. Puas sama keonaran yg dibikin angkt 6 siangnya, malemnya avontuur en cruisen tetep beraksi... kali ini judulna dolanan padang bulan.


24. Week end minggu ketiga! Yeayyyy,,,, Tawangmangu menanti angkatan 6!!! Perjalanan cepu-tawangmangu-sarangan yang super kece n asik. Mulai dari ngobrol ngobrol kelompok kecil di elf, karaokean nyanyi2 (paling kompak banget kalo pas lagunya luka lama ;p-baca:khusus elf1,,,,elfnya titis mutia si kabarnya lomba tidur ;p)


25. Perjalanan Tawangmangu - Sarangan bener2 keren,...dan untungnya mobil sempet berhenti karna ngos2an. Jadilah kita bisa nikmatin indahnya bukit2... foto2 selfie pake tongsis hits nya mba anas, begaya ditengah2 jalan (mumpung jalanan sepi), sambil ketawa tiwi.


26. Sarangan - tempet ini g seindah bayangan, tp cukup seru pas kita mutusin naik speedboatnya (sayang cm bisa 4 org 1 speedboat). Ada yang belanja, ada yang sibuk jajan, ada yang cm nikmatin pemandangan.


27. Acara hari itu ditutup sama koordinasi dari ibu sie konsumsi kita yang super kece. Ngehandle makanan yang super rempong dr 38 orang, dan dia berhasil tanpa komplain,,, (sejak ini - n kemampuan jawab2 pertanyaan dikelas, rating ka bunga melonjak tinggi)


28. Dan kitapun semua setuju, hari itu kita kompak banget. Kebersamaan yang kerasa banget. N kemana2 bener2 barengan, g misah2. Hari itu keren, ditutup sama lagu kagung rebus yang tiba tiba jadi trend di minggu berikutnya gegara ketawanya sesya pas dengerin lagu itu (kata saksi dr elf 1 ;p).

29. Minggu keempat.. angkatan 6 bener2 gagal move on dari vacation kemaren. Semua sepakat kalo kita harus adain acara se trendy itu lagi. Meeting kembali di gelar disuatu malam, didalem kelas. Kita sepakat buat ngadain acara makrab di akhir minggu ke 4. Ketua terpilih fajar, sie acara duet maut antara kiki n tongam, sie konsumsi tentu saja mba bunga n mba anas, si perkap sama om john, n yg paling oye adalah sie domumentasi: imam, mas arif n iko. Semua spertinya ud pny konsep biar bikin makrab kita super keren!


30. Minggu keempat: semangat nyanyi mulai menurun. Entah karna kecapekan, entah karna tentaranya g bikin semangat, entah karna kompornya lagi g mood ;p. Itu kl di luar kelas,,kl didalem kelas mah teteepp ribut! Kata "idiiiihhhh"-ala jagung rebus sampe kata lalat yang tetiba muncul uda jadi kosa kata sehari-hari.

31. Kelas mulai hambar karna Cara penyampaian materinya bikin ngantuk. Posisi posisi belajar pun mulai jd sortan bidikan kamera.

32. Ini kebiasaan kita, angkatan 6. Setiap selese 1 materi n mau change WI, kita selalu adain sesi foto bareng 1 kelas sama masing2 WI nyahh


33. Sie dokumentasi makrab: gerakan bawah tanah buat wawancarai anak2 pun mulai berjalan. Satu persatu korban berjatuhan. Kali ini anak2 cowok yg lebih ekspresif. Tapi g ada satupun yang bocoran rahasia serangan pertanyaan dr sie dok.

34. 19 juni... angkatan 6 lagi pada keranjingan nyanyiin lagu sandiwara cintanya-republik gegara sesi kuis tebak lagunya pak syafril. Waktu jalan, waktu mau masuk kelas, waktu pak syafril mau mulai pelajarannya,,langsung pd kompak nyanyi lagu ini. #posisi lagu jagung rebus nya syesya untuk sementara tergeser sama lagu ini ;p

35. Dan hari yang ditunggu pun tiba...MAKRAB makraabb!! Dari sore cewek2 uda sibuk tusuk bakso sosis buat barbeque, yang cowok sibuk sama bakaran2nya. Yang lain sibuk ngehias hias ruangan,,,spontan,,,tp hasilnya keren yak man temaann ! ;)

36. Acara malem itu diadain didalem kelas. Pembukaan dr sang ketua (baca: fajar) sama pak syafril. Acara dilanjut sama games2,, tebak kata, idbullaga, chicken dance, sampe truth or dare. Kita juga diminta buat tulisin di sebuah kertas, 1 kata / kesan2 tentang temen2 kita dikelas. Semua ribut, semua dapet komentar dr temen2nya (entah terduga ato g keduga). Yang paling nge hits buat malem itu slaen yg cowok2 kayanya punya mba anas semata niii ;p "peace mbaa!!"


37. Dan tiba di acara yang ditunggu-tunggu. -Catatan akhir prajab- .


Dimulai dr pembukaan yang keren bak nonton bioskop, video2 pas kita nyanyi2 n seru seruan dilapangan, kumpulan foto- foto kebersamaan kita pake backsound lagu i remember, n dilanjut sama video hasil wawancara ... berikut hasilnya dlm bentuk tertulis ;p
- 1 kata untuk angkatan 6?
   Kompak, hebat, keren, rame, heboh, solid, mantap, gokil, luar biasa, oke, gila, merdekaa!!!
- 1 org yg menarik di kelas:
  Cewek : syesya (skor 8), indah (skor 4), hani (skor 3), kiki (skor 3), bunga (skor 2), maria (skor 1)
  Cowok: ardo (skor 5), tongam (skor 4), john (skor 4), rio (skor 2)
----------Demikian sekilas info video------------

38. Minggu kelima - akibat dari tulisan di selembar kertas tadi malem (dan beberapa kasus pendukungnya-baca: kasus radit) tetiba kelas berubah kaya pesantren seharian :p . Hahaha,,kalian lucuuukkk!adegan hari itu hits banget lah ya,,,,dan yg paling terpukul itu om fajar sama bees yang g dpt skor sama skali di video ituu  ;p . Pembicaraan tentang rating dan menaikkan rating pun dimulai....

39. Hari berganti hari... g kerasa, tinggal 5 hari lagi kita disini .... semua kerasa punya mimpi super kece slama 5 minggu terakhir ini.

40. Minggu-minggu terakhir kita menggalang semua kekuatan kita. Mempraktekan apa yang disebut dengan pelajaran team building dan menyusun strategi perang sedemikian rupa. 1 malam sebelum ujian, kita ada disebuah kelas, belajar bareng-bareng 1 kelas tnpa terkecuali, makan menthok bareng-bareng n doa bersama... #target kita semua : tidak menjadi 10 terbawah ;p


41. Hari ujian pun tiba,,,kayanya kita semua sepakat kalo kita alhamdulilllah sukses hari itu. ;p

42. After ujian hour itu saatnya menggila... foto rame pake tongsis hits nya mb anas, lempar-lemparan orang, berburu foto selfi bareng anak2 sekelas,,,,mencetak kenangan sebanyak2nya , dan tentu ajaa,,,,,, karaokeaan di kelas tercintah


43. Oiyaaa,,,, di minggu kelima ini,,berkat video makrab ituh,,,tetiba berdiri KFC (alias: kiki fans club -nia rahmadani kw 3 ;p). Popularitas kiki langsung melejid selama beberapa hari. Kata sapaan yang tadinya "pagi syesya" pun sementara berubah jadi "pagi kiki" :p

44. Malam inagurasi ... angkt 6 dengan dresscode serba gelap mendominasi sayap kanan tempat duduk peserta. Dengan gaya tongsis ala angkt 6 yang tetep akan eksis foto dimana aja, gaya gerombolan para cowok2 berbadan besar pake baju hitem berdiri dibelakang dan ngerokoknya yang khas, gaya joged2 anak2 cowok..g mau ketinggalan juga sesya titis n ka lany buat eksis nge joged dangdut! John yang eksis nyumbangin suaranya malem itu, ratingnya langsung melejit diantara angkatan lainnya.


45. Hari ini hari terakhir... hari terakhir kita semua ada disini.. penutupan dilakuin di pusdiklat migas. Ada cerita hari ini,,,ardo wakil kita semua buat sampein pesan kesan ke panitia, bunga jadi juara 1, friska ke 2, dan bees ke tiga. Anak2 langsung pada heboh... bees naikin rating sampe 300 % ;p

46. Acara angkatan 6 ditutup dengan foto bareng dan membentuk lingkaran. Ada perwakilan dari kita yang ngucapin isi hati. Saia ambil kutipan kaka bunga yang berhasil bikin kita mewek...



"Terimakasih buat temen2 semua, udah ijinin kita semua disini buat ngerasain rasa dan suasana yang sama lagi kaya masa-masa sma3 dulu. Bisa ada dikelas lagi, bisa ngalamin diceng2 in lagi"

47. Makasyi yaa temen2 semuaa,,,,
* kaka lany yang super super lembut dan baik hati,
* kaka bunga yang keren banget disegala acara n jawaban2 yang keren waktu dikelas,
* kaka anas dengan ajakan maennya ama tongsisnya yg bikin angkt 6 tambah kece!,
* adek sesya si anak kecil yg jadi kesayangannya anak-anak dikelas .. dapet pelajaran banyak dari adek sesyaa,
* kiki si nia rahmadani kw3 yg baru nge hits di minggu2 terakhirr.... will miss u
* titis .. si tampang bocah tapi tnyata ud s2 ,,,g ada lo g rame tiiss!!!
* Mutia dengan sol sepatunya yang tetiba copot n ketidakmauaannya buat g jalan jauhhh,,km lucuk bangeet syiiii,,,,
* kaka yosi dengan suara khasnya,,,yang kl teriak kadnag org lain g denger jugaa,,,aakkk kaka yosiiik...kamu imuuutt
* asti dengan akting sekretarisnya taufan dengan kata subhanallah nya yg paling hits
* hani yang lugu n cantikkk
* friska yang selalu bisa jawab pertanyaan2 dikelas seputaran hukum... makasyi uda bantu kitaa ;)
* kaka endah yang tadinya kupikir pendiem,,, ternyataaa,,,rame jugaakk!
* kaka dinaa yang cantik
* kaka maria dengan style jilbab n kacamatanya yang khas. Pembawaan super tomboy girlnya bikin kita gampang mengidentifikasi kl ini mariaa

48. Makasyii buat temen2 yang cowok jugaa
* Tongam yang selalu bs jadi komporrnya angkatan 6, entah buat nyanyi ato buat dikelas
* Bees dengan logat khas jawa timur nya n tampangnya yg kt anak2 mirip mr.bean. selalu bisa bikin anak2 ketawa ama celetukannya
* Taufan dengan julukan khas lalat nya ,suara bebi romeonya n selalu tiba muncul dengan muka khasnya yg bikin ketawa
* Ardo dengan panggilan khas nyaa,,opung. Dan dengan ejekan bully dr anak2 "inget lampu, inget opung kita!" Sama emote di wa yg mirip bgt sama opung "peace pung!". Opung ini juga baikkk ;)
* Darmadi dengan sebutan resminya "pak mentri" . Setiap gerak geriknya selalu dibidik para wartawan. Terbukti foto2 nya selalu menjadi top news di surat kabar per wa-an angkt 6
* John ... pria berbadan kekar yang langsung naik daun waktu nyanyi lagu sandiwara cinta di pelajaran pak syafril
* Fajar dengan logat sunda yang khas ,,,, selalu inget adegan "kecewanya fajar karna g ada skor di catatan akhir prajab"
* Iqbal takodama dengan logat khas aa gym... jd ngerasa lagi masuk pesantren kl ngobrol sama beliaunyaa ;p "Peace!"
* agus dengan suara khas nya ... julukan paling hitsnya adalah "pak ustad"
* bayu yang super tinggi.. kalo pas awal2 selalu dimintain tolong hidupin lcd
* M. Iqbal .. cowok paling muda di angkt 6, suka maen hp kl dikelas,,,,tp kl ditanyain tau,,,, (hmmmm)
* Arif: ini dia satu2 nya dikelas yg emg bener2 kalem tanpa pencitraan ;p. Selamat mas ariff,,,buat kelahiran anaknya ;)
* anggiat -- adegan paling terkenal n melekat itu waktu drama anak buah brengsek vs bos baik2... peran : enjiee
* chrismant -- pencitraan yang selama ini kayanya diem, biasa aja,,,ternyata yang mimpin joged oplosan waktu malem inagurasi,..emang semua tnyata bocor aluus ;p
* Mail .. bapak2 beranak 1,5 yang super duper jail kl dikelas. Suka iseng sm siapa aja..
* hadi -- adegan paling melekat ya pas drama bos brengek anak buah baik2 . Peran: bos brengsek ;p
* Haikal ,, selalu pake baju bola!
* iko .. akkkk,,ko ak jrg ngobrol sama iko yaa,,bingung mau nulis apaa
* imam ... julukannya sebagai om wiki, selaku siap sedia memberi informasi trkini langsung dr embah google. Video prajab yg digarap brg mas arif terbukti sukses ngebuat ketawa tiwi anak2
* Rio -- orang padang yang selalu nanya ttg nasib s2 nya disetiap kesempatan ;p . Kata2 yg hits: sakitnya itu disiinii (sambil pegang dada -gaya rio)
* radite dengan pencitraan diem pada awalnya, biang onar ditengahnya, sampe pernah tobat sehari dr keonaranya, dan ternyata kembali jadi radit yg ribut ;p #gagaltobat ;p
* Riza -- koh riza yg ngakunya introvert, padahal mana mungkin ;p yg dikira sm org2 itu china tnyata jawa tulen ;p
* Ronald -- terkenal sejak awal permainan dinamika kelompok n kepilih jadi ketua kelas. Sukses buat usaha s2 nya yak! Smpe ktmu di eropa sanaaa ;)

49. Makasyi juga buat temen2 avontuur en cruisen yang selalu nemenin jalan2 ;) -mail, aris, jimi,marina, sesya, nila, gulis, iin, darmadi, iqbal, chris, ronald, hansen, joel, aul, aul den, prima-

50. Bahagia itu karna ada ditengah-tengah kalian ;)

"Kita semua pada awalnya punya pikiran beda2 tentang tempat tujuan kita, cepu. Sebuah kota kecil yang panas dan jauh dari hiruk pikuk jakarta. Tapi setelah 5 minggu disini, kita semua satu kata-satu rasa, kita beruntung ada disini, beruntung bisa masuk kelas ini, beruntung bisa saling mengenal"


By: 











- indah kusumastuti-

#ditulis dalam perjalanan dari cepu menuju jogja, dibaca dimana saja ;)


EmoticonEmoticon