Kamis, 02 Januari 2014

Backpacker to Pangandaran - Green Canyon #The Hidden Paradise

Tags



30 Desember 2013


"Pertengahan bulan ini, aku ke Jobsite" kata Pak Sri

Pertengahan bulan ini, tanggal 14 Januari, saya dan teman-teman kantor berencana pergi ke Green Canyon
Namun, karna ada salah satu dari kami yang akan pergi ke jobsite, akhirnya kami memutuskan untuk mengubah jadwal

31 Desember 2013

Pukul 14.30 - "Indah, buruan kebawah,..ayo kita berangkat!"
Dan Backpacker pun dimulai ...

Rute:
Harapan Indah - Stasiun Bekasi (Nebeng Pak Fidaus / Bisa naik angkot 01) - Rp.5000/orang
Bekasi-Pangandaran
: Via Bus Budiman Bekasi-Pangandaran (18.00,19.00,20.00) -Rp 80.000 (bisnis AC)
: Via Bus Budiman Bekasi-Tasikmalaya (16.00) - Rp.50.000 (Bisnis AC)
: Via Bus Budiman Gentong (Tasik) - Pangandaran (21.00) - Rp 40.000 (Bisnis AC)

-Rute Harapan Indah-Pangandaran-

Kami memutuskan memakai Bus Budiman Bekasi - Tasik (16.00)
Dan memilih berganti Bus 2 kali karna takut terjebak macet
kalau kami menunggu bus Bekasi Pangandaran pukul 18.00

-Terminal Bekasi, Bus Budiman, Suasana didalam Bus-

18.30 saya terbangun oleh suara pedagang yang menjajakan tahu sumedang. Rupanya kami sudah keluar dari tol, menuju tasikmalaya. dan tanpa kemacetan lalu lintas. Melewati pegunungan dan sawah-sawah. Langit dihiasi dengan Firewall malam itu

23.50 Saya kembali dibangunkan oleh suara letusan. Yap..Giant Firewall! Pesta kembang api pun dimulai. Kami menikmatinya dari dalam bus, lalu tertidur kembali

1 Januari 2014

02.00 Welcome To Pangandaran!
Wow..kami tiba lebih cepat dari yang kami perkirakan. kemana kita dini hari begini ya?
Kami pun melihat sekitar...ada Masjid agung rupanya disebelah terminal Pangandaran. Serambinya penuh dengan warga yang bergeleparan. Sepertinya mereka memutuskan bermalam dimasjid setelah menikmati pesta kembang api.

Akhirnya kami pergi ke warung nasi goreng disebelah Masjid Agung. Setelah Puas dan kenyang makan Nasi goreng, kami pun "nggelar" Ponco di trotoar Bank Mandiri...dan kemudian terlelap

04.30 Suara adzan subuh membangunkan kami. Membersihkan diri di toilet Masjid, Wudhu dan Shalat Subuh. Setelah itu, kami memutuskan untuk jalan-jalan pagi (dengan membawa ransel kami tentunya) menuju Pantai Timur Pangandaran-dengan niat skalian menikmati sunrise.

-Pagi di Pangandaran-

08.00 Setelah makan pagi (ditempat yang sama dengan makan malamnya ;) kami memutuskan untuk charter angkot menuju green canyon. Kayanya si kepegang sama makelarnya, jadi agak mahal. PP 300.000 (1Angkot)

Perjalanan Terminal Pangandaran menuju PO Body Raftingnya kurang lebih 1 jam. Saat kesana, ada kira-kira 10 Km jalannya agak rusak. Diperjalanan, kami melihat juga Papan menuju Citumang. Pak supir angkotnya cerita, kalo Citumang juga tempat yang oke untuk Body rafting. harganya juga lebih murah, Rp 75.000/orang

09.00 Sampailah kami ditempat pendaftaran Body Rafting.( http://bodyraftingbaraja.blogspot.com/ ). Sebelumnya, saya belum sempet searching tentang mau pake pemandu yang mana. ini Pak supir yang memilihkan dan membawa kita kesini. Selain Rombongan kita, ada 2 rombongan juga dari jakarta. yang satu rombongan teman kerja, yang satu kelihatannya rombongan mahasiswa.

-Pendaftaran Body Rafting, Persiapan Pake Sunblock, Mejeng dengan peralatan lengkap-

Tarif Body Rafting Baraja  : Rp 200.000/orang
Fasilitas : Rompi, helm, pelindung kaki, kendaraan menuju tempat start (pickup terbuka kapasitas 10 orang), body rafting selama 4 jam, naik perahu dari titik finish body rafting - PO Baraja (menyusuri rute perahu Green Canyon)

Kita bisa membawa kamera dan uang, nanti dititipin ke pemandunya.
Mereka sudah siap dengan tas anti air, tupperware untuk meletakkan HP dan kamera, air minum, dan snack.



Body Rafting ini sangat menarik. Recomended banget untuk yang sedang ingin menikmati alam dan petualangannya.

Saat menuju tempat start, kami disuguhi dengan pemandangan sawah-sawah dan hutan. Setelah breafing awal, kami menuruni bukit sedikit untuk menuju tempat start body rafting. dari atas sudah terlihat betapa indahnya  Green Canyon dengan warna hijau airnya.

-Perjalanan dari Baraja menuju Tempat Start-

Pemandangan yang lebih indah lagi pada saat kami menyusuri sungai dengan berbagai gaya. kadang telentang, tengkurap, bertemu dengan jeram-jeram, kadang kami juga diminta untuk memanjat karang-karang dan bebatuan yang ada di sepanjang sungai tersebut.

-Body Rafting dengan berbagai gaya-

-Hutan,Jeram,Karang, dan bebatuan yang kami lewati-

Pemandangan yang elok datang dari gemercik air yang turun melalui batu-batu...membentuk sebuah air terjun   yang indah.


dan rute pun berakhir dengan loncat dari atas tebing kedalam sungai.
Ternyata tempat finishnya ini adalah tempat finishnya orang-orang yang naik perahu juga.
Mereka turun dari perahu mereka, dan bermain air juga, sama dengan kita.
Tapi gerakan yang naik perahu hanya terbatas sampai tempat finish itu saja

Dan Kamipun berebut naik ke kapal, dengan team dari pemandu yang lainnya juga
Kapal kami berbeda dengan kapal visitor perahu. kapal kami tanpa atap.
Membawa kami sejauh 500m kearah lokasi dimana kapal2 berhenti untuk menunggu penumpang
Setelah menunggu sekitar 15 menit diatas, kami diangkut perahu lagi menuju Basecamp

Source: Google
Ternyata perahu ini juga melalui rute perahu Green canyon
Jadi sebeernya kita dapet Triple nih..dapet 4 jam body rafting, 15 menit naik perahu, dan makan siang!

Bercerita dengan Bule

Entah Bagaimana, tiba-tiba bisa muncul 2 bule di angkot yang uda kita charter
Tapi yaa...tak apalah...kita jadi bisa cerita-cerita sama mereka
Mereka 1 bulan visit ke Indonesia. Tertarik mengunjungi Indonesia, karena beberapa bule banyak yang kesini. tapi terbatas hanya ke Bali dan Lombok saja. Na..mereka melihat, Indonesia itu kan luas ya...masa cuma ke Bali dan Lombok saja. Makanya mereka pengen coba Tour ke Jawa Juga
Rute mereka: Pangandaran - Jogja - Surabaya - Bali - Lombok

Mereka bertanya tentang Yogya, tempat wisata jogja yang wajib dikunjungi, makanan apa yang harus mereka nikamtin kalo mereka kesana, jadwal-jadwal dan rute terbaik yang bisa mereka coba.
Wah..senang bisa cerita tentang Indonesia ke mereka...Kami juga memasukkan beberapa tempat wisata di indonesia yang seharusnya mereka coba, seperti Derawan di Kalimantan, Takabonerate di Sulawesi, Pulau Komodo, Raja ampat di Papua, Kawah ijen dan Bromo di Jawa Timur.

Mereka sangat excited mendengar cerita kami, langsung mencatat di kertas kecil mereka, dan mencari nama-nama tersebut di buku panduan wisata Indonesia.

Mereka baru 3 hari nyampe di Indonesia, dan mereka bilang orang Indonesia itu ramah. selalu tersenyum dan sangat enak untuk meminta petunjuk tempat-tempat wisata. Mereka juga ingin belajar tentang bahasa Indonesia. Seperti: bagaimana kita mengucapkan salam disini, mengucap Thank you dengan bahasa sini, selamat pgi, malam, dan lain sebagainya.

Oya...mereka juga bercerita tentang negara asal mereka lo..Canada..Sebuah negri yang besar. yang kadang untuk pindah ke tempat yang lain, bisa dengan 6 jam perjalanan udara. Mereka juga bercerita tentang beberapa macam orang ditempet mereka, eskimo dan orang-orang Amish (yang menurut mereka, sebuah komunitas yang masih mengikuti trend 80-an)..dimana disatu sisi orang-orang disana menggunakan mobil untuk alat transportasinya, mereka masih menunggang kuda, dan lain-lain

Ya....inilah Indahnya Backpacker
Ada warna disetiap detiknya
Pencarian jadwal Bus, Oper Bus yang tiba-tiba (karena dapet info dari penumpang lain), menunggu bus tengah malam, pengamen, tidur diemperan toko, jalan pagi-pagi menuju pantai, charter angkot untuk alat transportasi (yang sempet twar-menawar sama makelarnya langsung, namun gagal ;p, body rafting yang amazing banget, kenalan sama orang-orang di team body rafting yang lainnya, dan diakhir berhadiah ngobrol dengan "Bule Canada"

Laporan Pertanggungjawaban Dana




Salam,

-The Team-


EmoticonEmoticon